[Ubuntu] Bedah Kasus: Membuat Paket *.deb untuk Apt-Fast

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi ilmu kepada para pembaca mengenai cara membuat paket *.deb untuk apt-fast. Meskipun dalam contoh ini saya menggunakan apt-fast, teman-teman bisa menggunakan script yang lain untuk percobaaan. Baiklah, mari kita mulai :D.


Saya sangat menyarankan agar kalian membaca artikel saya sebelumnya tentang membuat *.deb package dari source code. Artikel tersebut berisi panduan umum membuat *.deb package dari source dengan "pola ./configure, make, make install".

Pertama, buat dulu GPG Key:
Untuk cara pembuatan GPG Key bisa dilihat pada artikel saya sebelumnya.

Kedua, menginstal packages yang dibutuhkan:
Dengan asumsi kalian terhubung ke Internet, ketik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install build-essential autoconf automake autotools-dev dh-make debhelper devscripts fakeroot xutils lintian pbuilder

Ketiga, menyiapkan kode sumber (source code):
Download dulu apt-fast di sini. Setelah selesai download ubah file "apt-fast.sh" menjadi "apt-fast" (hilangkan ekstensi sh). Kemudian buat folder di tempat yang mudah kalian ingat dengan pola "namapaket-versipaket" (dalam contoh ini saya membuat "apt-fast-0.0.3".


Setelah folder dibuat, masukkan file script "apt-fast" ke dalamnya. Kemudian klik kanan pada folder untuk membuat archive *.tar.gz:


Pilih "Compress ..." sehingga muncul jendela seperti gambar di bawah ini:


Untuk isian "Filename" tinggalkan dalam keadaan default, sedangkan untuk tipe arsip pilih ".tar.gz". Klik "Create" untuk memproses. Sampai langkah ini seharusnya kalian mempunyai susunan file seperti gambar di bawah ini:


Keempat, saatnya beraksi! :D
Buka Terminal dan masuk ke folder "apt-fast.0.0.3" lalu ketik:
dh_make -e tldm217@gmail.com -f ../apt-fast-0.0.3.tar.gz
Ganti "tldm217@gmail.com" dengan alamat email kalian ketika membuat GPG Key. Kalian akan dihadapkan dengan dua pertanyaan, perhatikan gambar di bawah ini untuk panduan menjawab (klik untuk memperbesar):


Masih di Terminal yang sama, ketik:
cd debian/
rm *.ex *.EX
rm -r source/
nautilus .
Jendela Nautilus akan terbuka dan menampilkan isi folder "debian", lihat gambar di bawah:


Dari file-file tersebut, yang perlu diedit hanya "changelog, control, dan copyright". Untuk panduan mengedit file "changelog dan copyright" silakan lihat artikel saya sebelumnya. Sedangkan untuk file "control" perhatikan langkah berikut:

Klik ganda file "control" sehingga jendela Gedit akan terbuka:


Edit sedemikian rupa sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini:


Bagian "Section" adalah kategori dari aplikasi yang akan dibuat, untuk info lebih lanjut mengenai kategori apa saja yang ada silakan klik di sini. Dalam kasus ini saya menggunakan "admin" yang berarti apt-fast berada pada kategori "Administration Utilities". Bagian "Priority" menandakan tingkat prioritas paket yang akan dibuat. "Build-depends" berisi paket aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk membuat paket aplikasi. "Homepage" merupakan alamat situs dari aplikasi yang akan dibuat. "Depends" berisi informasi mengenai dependencies dari paket yang nantinya akan diinstal (dalam kasus ini apt-fast membutuhkan axel sebagai dependency). "Description" berisi penjelasan singkat mengenai aplikasi. Untuk info lengkap mengenai bagian-bagian yang tersebut di atas silakan kunjungi dokumentasi Ubuntu Packaging.

Jika file "control" sudah selesai diedit, simpan dan lanjut ke langkah berikut:
Klik kanan pada area jendela Nautilus, pilih "Create Document > Empty File" dan beri nama dengan "install" (tanpa tanda petik).


Buka file "install" yang barusan dibuat dan isi dengan tulisan berikut:
apt-fast usr/bin
Jika kalian melakukannya dengan benar, maka akan nampak seperti gambar di bawah ini:


Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah kalian buat. Tulisan "apt-fast usr/bin" menginstruksikan kepada package manager untuk mengkopi file "apt-fast" ke folder "/usr/bin/".

Klik kanan lagi pada Nautilus, pilih "Create Document > Empty File", kali ini beri nama file dengan "postinst". Buka file "postinst" dan isi dengan:
#!/bin/bash
chmod +x /usr/bin/apt-fast
Jika kalian melakukan dengan benar, seharusnya akan nampak seperti berikut:


File "postinst" adalah script yang akan dieksekusi setelah proses instalasi selesai, dalam kasus ini script akan menambah ijin eksekusi pada apt-fast dengan perintah "chmod +x /usr/bin/apt-fast".

Simpan perubahan yang telah dilakukan. Huft, akhirnya proses editing sudah selesai. Sekarang kalian sudah mempunyai 10 file dalam folder "debian".


Kelima, kalian hampir selesai!!!
Dengan asumsi kalian membuka Terminal dan berada pada folder "debian", ketik perintah berikut:
cd ..
dpkg-buildpackage -rfakeroot
Kalian akan diminta memasukkan password GPG Key yang telah dibuat. Masukkan dan tekan "Enter". Jika semua berjalan dengan lancar, seharusnya kalian sudah memiliki file *.deb untuk apt-fast tepat di luar folder "apt-fast-0.0.3". Nah, jika file yang dimaksud sudah ada, lakukan testing apakah file dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Semoga bermanfaat.

0 comments :

Poskan Komentar