[Ubuntu] Minbar: Aplikasi Pengingat Waktu Sholat untuk Ubuntu

Bekerja dengan mesin Ubuntu memang sangat menyenangkan, apalagi bagi teman-teman yang doyan "ngoprek". Terkadang kita sering lupa waktu ketika sedang bekerja dan beraktivitas di komputer. Nah, sebagai seorang muslim tentunya kita tidak boleh melupakan kewajiban yang utama yaitu sholat. Agar kita tidak lupa waktu sholat alangkah baiknya jika kita memasang aplikasi Minbar di komputer kita.


Minbar adalah aplikasi yang akan memberi peringatan kepada kita akan datangnya waktu sholat. Untuk menginstal aplikasi ini di Ubuntu bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Buka Terminal dan ketik:
sudo add-apt-repository ppa:sabily.team/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install minbar
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak mempunyai koneksi Internet secara langsung di Ubuntu Lucid-nya klik di sini untuk mendapatkan daftar file yang harus di-download secara manual.

Setelah proses instalasi selesai buka situs Islamic Finder, cari koordinat dari kota tempat kalian tinggal (dalam contoh ini saya menggunakan Yogyakarta).


Kalian akan mendapatkan nilai "Latitude" dan "Longitude", masukkan nilai ini ke jendela konfigurasi Minbar (dua angka di belakang koma):


Sedangkan untuk "City name" isi dengan nama kota kalian dan sesuaikan "Time Zone" dengan zona waktu tempat kalian tinggal.

Semoga bermanfaat.

1 comments :

nugroz.sama mengatakan...

koq gak keluar pas diklik ya aplikasinya..
ane instal di ubuntu 11.10

Poskan Komentar