[Ubuntu] Facebook-rss-notifier: Notif Facebook Langsung dari Desktopmu

Setelah menunggu waktu yang cukup lama, akhirnya penghuni dari PPA TahuTEK.net bertambah satu lagi. Facebook-rss-notifier adalah aplikasi yang menghadirkan notif Facebook di notification area di desktop GNOME. Aplikasi ini menggunakan alamat RSS dari notif kita di Facebook, dan melakukan pengecekan setiap satu menit (bisa dikonfigurasi sesuai selera).


Sebelum dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik, kita harus mengisikan alamat RSS dari notif akun Facebook kita ke isian "Facebook notifications RSS feed URL". Untuk mengetahui alamat RSS notif kita, ikuti cara-cara di bawah ini:

Pertama, login ke akun Facebook kalian dan klik pada ikon notif, kemudian klik "See All Notifications" (lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya).


Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman seperti gambar di bawah ini:


Klik pada "Your Notifications", akan muncul halaman RSS kita. Copy kemudian paste alamat di address bar ke isian Facebook-rss-notifier "Facebook notifications RSS feed URL". Nah, untuk isian yang lain sesuaikan dengan selera teman-teman.

Jika konfigurasi sudah benar, maka setiap ada notif baru di akun Facebook kita maka ikon di system tray akan berkedip-kedip dan muncul balloon dari NotifyOSD. Ketika kita meng-klik ikon yang berkedip maka akan muncul jendela pop-up yang berisi informasi lebih lanjut mengenai notif yang kita terima dan link untuk menanggapi notif tersebut. Ketika link notif di-klik, maka akan membuka web browser dan menuju ke alamat yang bersangkutan.


Untuk menginstal Facebook-rss-notifier di Ubuntu, bisa dilakukan dengan menambahkan PPA dari TahuTEK.net:
Buka Terminal dan ketik:
sudo add-apt-repository ppa:tldm217/tahutek.net
sudo apt-get update
sudo apt-get install facebook-rss-notifier
Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi, dan lakukan konfigurasi seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selamat mencoba.

2 comments :

immux mengatakan...

wahh.. keren nih. langsung coba ahhh

hok00age mengatakan...

@immux: monggo.......

Poskan Komentar