EasyStroke: Kendalikan Komputer dengan Gerakan Mouse

EasyStroke merupakan aplikasi "pembaca" gerakan pointer baik yang berasal dari mouse, touchpad, atau layar sentuh di komputer. Gerakan pointer tersebut akan "diterjemahkan" menjadi sebuah perintah untuk membuka aplikasi, menutup aplikasi, serta melakukan aksi-aksi tertentu seperti me-reload halaman web yang sedang kita kunjungi, memainkan serta mematikan musik, dan lain-lain. Salah satu hal yang menarik dari EasyStroke adalah kemampuan "Application-dependent gestures". Dengan kemampuan ini, kita dapat mengatur pengaruh gerakan mouse hanya pada aplikasi tertentu saja. Masih bingung? Silakan baca lebih lanjut, kalian akan paham jika membaca seluruh artikel, insyaAlloh.


Perlu dicatat sebelumnya, EasyStroke merupakan aplikasi "lama" yang belum ada update-an untuk Ubuntu yang terbaru terutama Ubuntu Natty dan Ubuntu Oneiric. Jadi, mungkin kalian akan mengalami sedikit kendala kecil dalam menggunakan aplikasi ini di Ubuntu versi tersebut. Namun, sebelum saya menulis artikel ini, saya sudah mencobanya di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot dengan desktop XFCE dan semuanya berjalan dengan lancar.

Instalasi EasyStroke
EasyStoke tersedia di repository resmi Ubuntu, jadi kalian cukup mengetik perintah berikut di Terminal untuk menginstalnya:
sudo apt-get install easystroke
Atau jika kalian lebih suka menginstal dari PPA, ketik perintah berikut:
sudo add-apt-repository ppa:easystroke/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install easystroke
Setelah proses instalasi selesai, kalian dapat menjalankan EasyStroke lewat kategori "Accessories" di menu sehingga akan muncul ikon sebagai berikut di panel.


Nah, jika ikon tersebut sudah muncul, klik ikon tersebut dan kalian siap untuk melakukan konfigurasi.

Pesan untuk pengguna Ubuntu Natty dan yang lebih baru
Saya belum mencoba aplikasi ini di Ubuntu Natty dan yang lebih baru dengan menggunakan desktop Unity, saya hanya mencobanya di desktop XFCE. Jika kalian sudah mencobanya, harap berikan komentar mengenai bisa atau tidaknya. Masalah yang mungkin akan kalian hadapi adalah ikon EasyStroke tidak muncul di panel. Hal ini dikarenakan EasyStroke belum menggunakan "Indicator Applet" seperti aplikasi-aplikasi lain. Apa akibatnya jika ikon tidak muncul? Tentu saja, kalian akan kesulitan dalam melakukan konfigurasi kali pertama! Solusinya adalah ketik perintah berikut ketika menjalankan EasyStroke kali pertama (untuk kofigurasi):
easystroke -g
Perintah di atas akan menjalankan EasyStroke sekaligus menampilkan jendela konfigurasi. Nah, setelah  konfigurasi selesai, kalian dapat menjalankan EasyStroke lewat menu. Meskipun ikon tidak muncul di panel, tapi percayalah aplikasi sudah berjalan :D

Konfigurasi EasyStroke
Nah, jika semuanya berjalan dengan lancar, sekarang saatnya melakukan konfigurasi. Saya hanya akan memberikan satu contoh saja. Untuk selanjutnya silakan gunakan kreativitas kalian untuk mengkonfigurasi EasyStroke sesuai kebutuhan. Untuk panduan lengkap mengenai konfigurasi EasyStroke silakan baca di sini. Coba, gagal, cari bantuan, coba lagi, gagal lagi, cari bantuan lagi, coba lagi, berhasil adalah cara saya dahulu belajar Linux ;)

Baiklah, mari kita mulai dengan memilih tombol shortcut untuk EasyStroke. Bukan jendela konfigurasi EasyStroke, pilih tab "Preferences" lalu klik "Gesture Button" untuk menentukan tombol shortcut.


Pada contoh ini saya menggunakan tombol "Control" disertai dengan "Button 1" atau tombol klik kiri pada mouse. Ini berarti, untuk menjalankan perintah saya harus menekan tombol "Control" dan drag (seret) "Button 1" sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Silakan sesuaikan dengan kesukaan kalian, termasuk pilihan yang lain seperti "Show tray icon" dan lain-lain.

Menentukan "pola" gerakan
Pada dasarnya, konfigurasi EasyStroke dibagi menjadi dua "Default" dan "Application-dependent gestures". Default merupakan pola gerakan yang akan berpengaruh pada semua aplikasi sedangkan "Application-dependent gestures" hanya berpengaruh pada aplikasi tertentu saja.

Konfigurasi Default
Mari kita mulai dengan konfigurasi Default. Dalam contoh ini, saya akan membuat pola gerakan untuk membuka aplikasi bernama "mousepad" (aplikasi semisal Gedit di XFCE).
Masih di jendela konfigurasi EasyStroke pilih tab "Actions". Nah, klik tanda segitiga pada "Applications" sehingga terbuka semua pilihannya, sorot pada "Default" lalu klik "Add Action" pada bagian bawah jendela.


Pada saat tombol "Add Action" ditekan, sebuah entri baru akan muncul. Nah, pada "Name" saya akan mengisikan "Mousepad", pada "Type" saya isikan "Command" (karena saya akan menjalankan perintah), pada "Details" saya mengisika dengan perintah yang akan saya jalankan yaitu "mousepad" tanpa tanda petik. Langkah selanjutnya (yang paling menentukan) yaitu klik "Record Stroke" sehingga jendela seperti gambar di bawah ini muncul:


Nah, kalian harus menggambar "pola" di layar, tekan tombol "Control" lalu gambar pola tersebut di area manapun di layar. Saya menggambar pola menyerupai huruf "M" seperti gambar di bawah:


Sekarang jika saya ingin membuka aplikasi "Mousepad" saya tinggal menekan tombol "Control" disertai menggambar huruf "M" di layar, seru bukan?

Konfigurasi Application-dependent gestures
Untuk selanjutnya, saya akan memberi contoh bagaimana membuat pola untuk aplikasi tertentu. Dalam contoh ini, saya menggunakan Google Chrome dan perintah yang akan saya jalankan adalah "Ctrl +W" alias menutup tab yang sedang aktif. Untuk mempermudah, silakan buka Google Chrome terlebih dahulu, lalu pada jendela konfigurasi EasyStroke, klik "Add Application" sehingga kursor berubah bentuk menjadi seperti tanda plus. Nah, arahkan kursor tersebut pada jendela Google Chrome lalu KLIK! sehingga entri baru akan muncul di jendela konfigurasi EasyStroke.


Selanjutnya, sorot pada entri "Google Chrome" lalu klik "Add action". Isian "Name" saya isi dengan "Close Tab" "Type" saya isi dengan "Key", pada waktu megisi "Details" kalian akan diminta untuk menekan tombol keyboard kombinasi, dalam contoh ini saya menekan "Ctrl + W". Kemudian, saya menggambarkan pola seperti "slash" di layar.


Nah, sekarang ketika saya sedang browsing dan ingin menutup tab yang sedang aktif di Google Chrome, saya tinggal menekan tombol "Ctrl" disertai menggambar pola yang telah saya tentukan.

Wah, panjang banget artikelnya gan? Memang agak panjang dan lama untuk dibaca tapi mudah untuk dipraktekkan. Silakan mencoba, jika kalian ingin informasi lebih lanjut, silakan baca dokumentasi aplikasi ini atau diskusikan di komentar :)

Sebagai informasi tambahkan, berikut video demo mengenai EasyStroke, saya sarankan kalian menontonnya langsung di YouTube karena ada informasi menarik di deskripsi video ini:


Selamat mencoba :)

2 comments :

nova13 mengatakan...

kayaknya cukup menarik juga aplikasi ini :) perpaduan kyak di layar touchscreen, tp mesti menekan tombol keyboard jg untuk mengaktifkannya, seperti salah satu efek di compiz nih.. :D

Damar Riyadi mengatakan...

Menekan tombol keyboard mungkin dibutuhkan untuk membedakan antara gerakan mouse EasyStroke dengan gerakan yang lain. Hal ini berguna ketika kita menggambar freehand di GIMP atau semisalnya. Jadi, komputer gak salah paham ;)

Poskan Komentar