[Pedal] Mengubah Direktori Kerja Shell Prompt

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, ketika membuka shell maka secara otomatis direktori (folder) kerja kita adalah folder "Home". Terkadang kita ingin keluar dari folder "Home" ini dan menjelajahi direktori-direktori lain yang ada di Linux. Untuk mengubah direktori kerja kita dapat menggunakan perintah cd yang merupakan kepanjangan dari "Change Directory" :cmmiw.


Format dari perintah cd cukup mudah yaitu:
cd direktori_tujuan
Perintah cd hanya mempunyai satu argumen misal "cd Documents" atau "cd /usr/share". Jika kita tidak menyertakan argumen dalam perintah cd maka secara otomatis shell akan membawa kita kembali ke folder "Home". Contoh:
cd Documents
cd /var/cache/apt/archives/
cd
Baris pertama perintah di atas akan membawa kita ke dalam folder "/home/username/Documents", kita cukup menggunakan argumen "Documents" karena direktori kerja kita pada saat itu adalah di "/home/username". Baris kedua perintah di atas akan membawa kita ke folder "/var/cache/apt/archives", sedangkan baris ketiga dari perintah di atas akan membawa kita kembali ke folder "Home" yaitu "/home/username".

Absolute filepaths dan Relative filepaths
Argumen dalam perintah cd dapat diisi dengan dengan dua macam metode yaitu absolute filepaths dan relative filepaths. Berikut penjelasan dari kedua metode tersebut.

Absolute filepaths
Dengan metode ini kita harus memasukkan folder tujuan dengan lengkap mulai dari direktori tertinggi yaitu "/" (baca: root). Misal, jika kita ingin masuk ke dalam folder "/usr/share/icons" maka kita harus mengetik perintah:
cd /usr/share/icons
Singkatnya, kalau menggunakan absolute filepaths kita harus mengetikkan alamat lengkap dari sebuah direktori. Dengan metode ini, dapat memastikan bahwa kita memasuki direktori yang benar-benar diinginkan. Contoh lain dari penggunaan absolute filepaths adalah:
cd /home/username/Documents
Perintah di atas akan membawa kita ke dalam folder "Documents" yang berlokasi di "/home/username".

Relative filepaths
Dengan menggunakan metode ini, kita tidak perlu mengetikkan alamat lengkap dari sebuah folder tujuan. Misal, dengan asumsi direktori kerja shell berada pada "/home/username" dan kita ingin memasuki folder "/home/username/Documents" maka kita cukup mengetikkan perintah:
cd Documents
Secara otomatis kita akan dibawa ke folder "/home/username/Documents" hanya dengan menggunakan argumen "Documents" saja karena shell menggunakan direktori kerja yaitu "/home/username" sebagai acuan.

Dalam relative filepaths dikenal juga tanda "." (titik) dan ".." (dua titik). Tanda "." digunakan untuk menunjuk direktori kerja yang sedang aktif, sedangkan tanda ".." digunakan untuk menunjuk direktori yang berada di atas direktori kerja. Berikut contoh penggunaannya:
Misal direktori kerja kita saat ini adalah "/home/username/Documents" dan kita ingin masuk ke folder (direktori) "/home/username/Desktop", ketik perintah berikut:
cd ../Desktop
Perintah di atas bisa dijelaskan dengan dua proses, pertama "cd .." yang akan membawa kita kembali ke folder yang berada di atas direktori kerja, dalam hal ini membawa kita dari "/home/username/Documents" menuju "/home/username". Kedua "cd Desktop" yang membawa kita masuk ke dalam folder "/home/username/Desktop".

Sedangkan tanda "." biasanya berguna jika kita ingin menjalankan sebuah program yang berada pada direktori kerja, misal kita ingin menjalankan program "myscript" yang berada pada direktori kerja, maka ketik perintah:
./myscript
Direktori kerja direpresentasikan dengan tanda "." kemudian diikuti dengan tanda "/" untuk memisahkan antara folder dengan file, kemudian diikuti dengan nama program yang ingin dijalankan.

Tips: Untuk mengetahui direktori kerja yang aktif silakan gunakan perintah "pwd".

4 comments :

buzzing_bee mengatakan...

untuk yg penggunaan "." berarti semacam perintah yg sering digunakan seperti perintah:

./install.sh --> mengeksekusi install.sh ??? begitu ya??

kalo misalnya langsung gini bisa gak?
"/Downloads/macBuntu ./install.sh"

atau harus "cd /Downloads/macBuntu" dulu, baru "./install.sh" ???

hok00age mengatakan...

@buzzing: "./install.sh --> mengeksekusi install.sh ??? begitu ya??" ---> Ya benar

Kalo langsung pun setahu ane harus pake tanda "." gan, misalnya: ./Download/macBuntu/install.sh

CMIIW

Anonim mengatakan...

kalau keluar kayak ini pie bozz...
bash: cd: sumobawuq: No such file or directory
Opo kliru tulis.....perasaan btul semua e......

hok00age mengatakan...

@Anonim: Berarti folder tidak ada gan, untuk memastikan coba gunakan absolute filepaths. Atau tekan tombol TAB untuk auto completion

Poskan Komentar