Minggu, 16 April 2023

FSearch: Alternatif Open Source Pencarian File Cepat seperti "Everything" Voidtools di Linux

Halo TahuTek.net! Lama tidak berjumpa. Saya ingin berbagi pengalaman saya dengan FSearch. Saya telah lama mencari, software untuk mencari file dan folder di Linux yang cepat dan konsumsi CPU rendah seperti Everything dari Voidtools di MS Windows. Saya sudah lama menggunakan XFCE Desktop di distro Linux. XFCE selalu menggunakan Catfish, sebagai alat de-facto mereka untuk mencari file menggunakan tracker-miner 3 (sepanjang yang saya tahu, tolong koreksi jika saya salah). Bahkan dengan tracker-miner 3, catfish sangat lambat, dan slugish, dan bahkan kalah dengan find file dari Thunar (sejak versi 4.18.4 Thunar memiliki pencarian bawaan), yang membuat saya frustrasi. Biasanya ketika mencari file selalu mencari nama dan ekstensinya, karena alat pencarian utama saya di windows dulu adalah segalanya Voidtools, sangat cepat, ketika mengetik dan selalu menunjukkan hasilnya untuk saya secara real time.

Jadi dalam mencari alat yang membantu saya memiliki pengalaman yang sama di distro Linux, saya menemukan Fsearch. Alat ini meniru "Everything", tetapi berfungsi di setiap sistem file. Tidak seperti semua yang terbatas pada fat, exfat, ntfs, dan turunannya, Fsearch bekerja di semua sistem file, windows, Linux, atau bahkan macOS (remote NFS). Pendekatannya berbeda dari "everything", yang menggunakan tabel ntfs $MSFT, FSearch memindai langsung folder, dan menunjukkan hasil yang cukup cepat seperti di "everything", ini membuat FSearch tidak terikat dengan sistem file apa pun. Tapi ini ada sisi negatifnya, kita perlu memindai lokasi secara berkala untuk perubahan, jika ada perubahan. Nah, saya dapat memindai folder dan file di bawah 10 detik untuk 1 juta file di fedora XFCE saya, dan hanya butuh 3 detik untuk 270 ribu file dan folder di Kingston SSD OEM (Saya tahu saya seharusnya tidak membeli ini, tetapi pada saat itu, satu-satunya hal yang terjangkau untuk kantong saya adalah.. SSD ini).

Sudah 1 tahun sejak saya menggunakannya setiap hari, dan FSearch sangat berguna sehingga saya memetakannya ke alt+f1, jadi saya bisa membukanya dengan cepat dan membuka file dengan mencarinya di FSearch. User bisa menginstal FSearch di distro desktop Linux mana pun. Untuk fedora, Anda dapat menjalankan perintah ini

$ sudo dnf copr aktifkan cboxdoerfer/fsearch
$ sudo dnf instal fsearch


Untuk melakukan pemindaian pembaruan basis data secara berkala, Anda dapat menambahkan perintah fsearch ke crontab untuk dijalankan di latar belakang.

$crontab -e
# taruh ini, lalu simpan crontab
*/5 * * * * /usr/bin/fsearch -u

Anda juga dapat mengaitkan perintah cli untuk membuka dengan istilah pencarian tertentu menggunakan perintah ini

$ fsearch -s "istilah pencarian"

Ini akan membuka jendela baru, dengan istilah pencarian dimasukkan. Untuk distro lain, anda dapat melihat readme (https://github.com/cboxdoerfer/fsearch#download) untuk cara pemasangan lebih lanjut di distro anda masing-masing. Juga jika Anda merasa alat ini juga membantu Anda setiap hari, Anda dapat menyumbang ke proyek atau menambahkan suka ke proyek copr atau github. Ini akan membantu pencipta aplikasi. Ini adalah contoh tampilan Fsearch di desktop fedora saya saat mencari file .txt.

 

FSearch juga mendukung mengecualikan folder, file, dan menyertakan lokasi tertentu yang tidak dipasang langsung ke sistem, mis. lokasi jaringan. Anda juga dapat menggunakan jalan pintas apa pun seperti dalam segala hal untuk beberapa file yang ingin kami temukan. Jadi pada dasarnya ini adalah pengganti untuk semua voidtools di Linux. Posting ini hanya dimaksudkan untuk membagikan FSearch sebagai pengganti "Everything". Jika Anda memiliki pertanyaan tentang FSearch, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi postingan saya.

 

Catatan: Blog post ini telah tampil terlebih dahulu di https://blog.benyamin.xyz/2023/04/15/fsearch-everything-voidtools-alternative-for-linux/ dengan Bahasa Inggris.  Jika ingin membagikan dalam Bahasa Inggris, dapat menggunakan link tersebut. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar